MERDEKA melawan UTANG


MERDEKAmelawan UTANG


Teman-teman tentu kenal dengan istilah “Gali Lubang, Tutup Lubang”, tapi apakah teman termasuk orang-orang dengan kondisi gaji yang hanya “numpang lewat” karena habis untuk biaya hidup atau membayar hutang? Jika teman termasuk seperti itu, maka Teman-teman masih terjajah oleh utang dan memiliki perencanaan keuangan yang (maaf) buruk.
Berikut ini Tips MERDEKA melawan UTANG : 

Tips 1 : Catat! Tidak tahu uang habis untuk apa? Kumpulkan bon dan catat setiap saat, sehingga kita bisa tahu mana pengeluaran yang tidak perlu?
Tips 2 : Stop UtangBaru! Lunasi cicilan yang ada saat ini (KPR, mobil, dll), jangan hanya bayar pada batas minimum dan jangan menambah utang baru.
Tips 3 : Maksimal 35%. Untuk bisa punya aset seperti rumah atau mobil, terkadang kita harus memanfaatkan pinjaman bank. Boleh saja, tapi usahakan total seluruh cicilan tidak lebih dari 35% dari jumlah pendapatan.
Tips 4 : Minimal 5%. Anda harus mempersiapkan dana darurat sebesar 3-6 kali pengeluaran tiap bulan. Caranya, sisihkan minimal 5% dari pendapatan Anda setiap bulannya.
Tips 5 : Potong anggaran hura-hura. Pengeluaran untuk gaya hidup biasanya tak terasa menguras kantong, hingga menumpuk tagihan kartu kredit. Hindari nongkrong tiap malam dan selektif memilih hiburan.
Tips 6 : Tingkatkan income anda. Bagi anda yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membangun bisnis, ciptakan pasif income anda. Mau saya bagi ide pasif income yang menjadikan anda Merdeka melawan Utang? Pm ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar