Tips MERDEKA melawan UTANG : Catat!

Catat! Tidak tahu uang habis untuk apa? Kumpulkan bon dan catat setiap saat, sehingga kita bisa tahu mana pengeluaran yang tidak perlu?

Besar Pasak daripada Tiang, sebuah ungkapan pepatah Indonesia yang artinya Lebih banyak Pengeluaran daripada pendapatan. Bagaimana kondisi keuangan anda saat ini?

Bagi Karyawan saat tanggal gajian terima uang kemudian uang sudah habis sebelum gajian bulan depan adalah hal yang dialami oleh sebagian masyarakat Indonesia. Apakah anda termasuk salah satunya?

Jika jawabannya iya, maka coba cari tahu pengeluaran anda untuk apa saja? Dengan mencatat pengeluaran anda maka anda akan tahu mana yang kategori kebutuhan? dan mana yang keinginan?
Sebagai contoh : anda perlu handphone, saat ini begitu banyak seri smartphone beredar di pasaran. Ada Samsung Galaxi S6, I phone 6 produksi apple, yang menawarkan begitu kemewahan dan fitur-fitur yang menggoda. Apa bedanya BUTUH dan INGIN ?

Parameternya adalah ketika memang profesi anda membutuhkan kinerja smart phone yang harganya di atas 10 juta itu maka tidak masalah anda menggunakan itu. Tapi jika ternyata anda hanya butuh bisa telpon, sms, whatsapp dan bbm saya rasa handphone harga 3 juta s.d 4 juta juga sudah bagus spesifikasinya. Bahkan merk Smartfren dan beberpa merk hp produk buatan china pun juga punya smartphone yang secara spesifikasi tidak kalah tapi harganya bisa jauh lebih murah.

Demikian tips dari saya untuk langkah pertama untuk MERDEKA melawan UTANG. Catat pengeluaran anda, lalu pelajari mana yang ingin dan mana yang butuh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar