Tips 3 : Maksimal 35%.

Tips 3 : Maksimal 35%.

Untuk bisa punya aset seperti rumah atau mobil, terkadang kita harus memanfaatkan pinjaman bank. Boleh saja, tapi usahakan total seluruh cicilan tidak lebih dari 35% dari jumlah pendapatan.

Awal hutang itu biasanya dari kita tidak bisa membedakan mana butuh dan mana ingin? dan masing-masing berbeda situasinya. Misalnya beli Mobil, bagi sebagian orang lebih efektif beli motor daripada mobil tapi bagi sebagian orang beli mobil bisa mendukung kinerjanya. Ini bedanya butuh dan ingin. Sama-sama beli mobil pun bisa diukur ini butuh atau ingin? Mobil bisa harga 100 juta sampai Miliaran juga bisa dipilih variabelnya.

Demikian juga dengan Rumah, ini bisa masing-masing orang beda. Bisa jadi sebenarnya lebih efektif kontrak rumah daripada beli rumah. Tapi bagi sebagian orang lain beli rumah bisa jadi investasi jangka panjang.

Saya ambil contoh Mr. A gajinya 5 juta, maka maksimal bisa memanfaatkan pinjaman bank maksimal 35% x 5 juta = Rp 1.750.000,- untuk anguran per bulannya. 

Kalau Mr. B gajinya 10 juta, maka maksimal bisa memanfaatkan pinjaman bank maksimal 35% x 10 juta = Rp 3.500.000,- untuk anguran per bulannya.

Bagaimana dengan anda? Apakah angsuran bulanan anda sudah lebih dari 35% dari gaji bulanan anda? Hati-hati anda akan terperangkap gali lubang tutup lubang jika total angsuran bulanan anda melebihi 35% x gaji anda.

Ayo MERDEKA melawan UTANG!!!
Tunggu artikel saya berikutnya ya? :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar